Skip to content

Layanan Individu, Keluarga, Sekolah dan Komunitas

Psikotes Anak dan Remaja

Setiap siswa, pendidik dan orang tua menginginkan prestasi akademis yang dicapai anak didik berada dalam kondisi yang optimal. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa banyak faktor yang turut berperan dalam pencapaian prestasi belajar. Mengetahui sejak awal potensi dan minat yang dimiliki setiap siswa akan membantu pihak sekolah, orang tua, dan juga siswa sendiri dapat mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pengembangan potensi belajar siswa dan rencana studi di masa depan. Untuk menjawab kebutuhan di atas, maka kami dari Pusat Konsultasi dan Layanan Psikologi (PKLP) Universitas Surabaya (Ubaya), menawarkan jasa pemeriksaan psikologi di bidang pendidikan antara lain:

  1. Pemeriksaaan potensi dan minat untuk remaja
  2. Penelusuran kesiapan sekolah
  3. Pemilihan jurusan SMA atau Perguruan Tinggi
  4. Identifikasi keberbakatan
  5. Penelusuran orientasi karir
  6. Kesiapan studi lanjut jenjang pascasarjana

Layanan Konsultasi dan Konseling

Konseling merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang konselor kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah yang bertujuan untuk teratasinya masalah yang dihadapi. Dalam proses konseling dibutuhkan seorang konselor yang mumpuni. Konselor yang mumpuni menguasai teknik-teknik konseling yang diperlukan untuk menggali masalah, mengidentifikasi masalah, menetapkan tujuan konseling, menstimulasi konseli untuk menghasilkan solusi, menetapkan solusi, menyepakati kerangka kerja solusi dan memantau pelaksanaan solusi yang telah dibuat. PKLP menyediakan konsultasi baik dalam bentuk tatap muka ataupun daring.

Pelayanan konseling dilaksanakan terhadap:

  1. Permasalahan Perkembangan Anak & Remaja (fisik, sosial, maupun psikis)
  2. Permasalahan Pendidikan (konsentrasi, motivasi belajar, prestasi akademik, dll)
  3. Permasalahan Perkawinan dan Keluarga (relasi pasangan, interaksi orangtua-anak, dll)
  4. Permasalahan Pribadi (optimalisasi diri, kepribadian, kecemasan, relasi, dll)
  5. Permasalahan Karier dan/atau karyawan (penentuan karir, pengelolaan diri dalam bekerja, dll)

Seminar dan Pelatihan untuk Keluarga, Sekolah atau Komunitas

PKLP Ubaya juga menyediakan layanan seminar/workshop/training untuk orangtua, remaja, sekolah, dan organisasi/komunitas. Layanan ini ditangani oleh tim expert yang terdiri dari associates psychologist PKLP Ubaya ataupun dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dengan latar belakang psikologi klinis, perkembangan, dan pendidikan. Layanan psikoedukasi ini bersifat taylor made, sehingga akan disesuaikan dengan kebutuhan klien. Adapun materi-materi yang ditawarkan oleh PKLP Ubaya antara lain:

  1. Pengasuhan anak
  2. Pembekalan ketrampilan psikologis untuk orangtua
  3. Memahami keseimbangan kehidupan kerja-keluarga
  4. Mengeksplorasi potensi, bakat, dan minat pada anak
  5. Memaksimalkan kemampuan akademik (strategi belajar, motivasi belajar)
  6. Kesiapan sekolah dan pemilihan sekolah pada anak usia dini
  7. Screen-habit (kebiasaan bermain gadget/gawai) pada anak
  8. Permasalahan perilaku anak (e.g mudah marah, sulit fokus dalam belajar)
  9. Permasalahan sosio-emosional pada anak (e.g kurang percaya diri, sulit beradaptasi dengan situasi baru, mudah takut)
  10. Pengenalan dan pengembangan diri untuk remaja
  11. Persiapan studi lanjut ke luar negeri
  12. Memilih jurusan kuliah yang tepat

Organisational Development (Pendidikan)

Sebagai layanan jasa psikologi yang juga berbasis riset, PKLP Ubaya juga menawarkan pendampingan kepada sekolah terkait pengembanga organisasi. Pengembangan organisasi ini meliputi konsultasi budaya organisasi, pengembangan sistem pengelolaan SDM, pembuatan alat ukur pendidikan, konsultasi kurikulum, juga pengembangan efektivitas tenaga pendidik melalui pelatihan. Layanan pengembangan organisasi ini bersifat taylor made, yang artinya disesuaikan dengan kebutuhan pihak pengguna jasa. Adapun layanan pengembangan organisasi yang telah dilakukan PKLP Ubaya di sektor pendidikan antara lain:

  1. Konsultasi kasus siswa berkebutuhan khusus di sekolah (case assisting)
  2. Pelatihan untuk guru (pendidik efektif/classroom leadership)
  3. Pembuatan alat ukur untuk siswa